Management Produksi

Management Produksi

Dalam operasi unit unit proses di refinery, ada fungsi management operation produksi atau dipimpin oleh yang disebut Manager Produksi, berperan memimpin operasi unit unit produk (sejumlah Unit proses) yang dipimpin para section head.

Selaku pimpinan berbagai unit proses di kilang, Manager Produksi perlu memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan teknis dan pengalaman memimpin operasi di kilang yang akan dibawahinya agar yang cukup  kuat dan percaya diri dalam berbagai keputusan funsi yang kepimpinannya. Kemampuan berbasis teori, pengalaman dan keterlatihan di kilang yang kuat akan memudahkan dalam mengambil keputusan teknis dan mengomandoi kegiatan operasional,  baik untuk dikala operasi normal ataupun emergency.

Management operasi yang biasa bekerja di kilang, akan memiliki “rasa” (instuisi karena sering dan berpengalaman) sehingga akan baik dalam  “menilai tingkat kemampuan dan kefokusan personal, atau team yang dipimpinnya dalam aktifitas operasi.

Biasanya rekam jejak pertumbuhan kepemimpinan di kilang, pengetahuan aspek peralatan, pemahaman limitasi design alat dan unit / sarana Kilang dimilikinya dengan baik. yang terpasang, Pengetahuan dan pengalaman dalam berbagai kondisi  menumbuhkan “ketepatan” dan  keberanian dalam mengambil keputusan operasi. Hal demikian penting mengingat bahwa suatu keputusan yang besar, dampak ekonominya besar bagi perusahaan, sebaliknya bila salah resiko kerugian juga besar.

  RFCC

Kemampuan operation, soft skill dan hard skill selaku management Refinery perlu dipersiapkan sejalan pertumbuhan karier dalam proses pebinaan calon leader kilang. Dalam kepemimpinannya penegakkan peraturan, penerapan system dan prosedur perlu diperkuat, patroli sarana unit yang tengah beroperasi dibiasakan, Dokumen prosedur disosialisasikan berkala, agar siapapun mudah mempelajari,  mengikuti dan menerapkan secara baik.

Syo.

Refinery Operation & Training Best Practices