Motivasi Sukses Didapat Dari Langkah Kecil di Awal

Banyak cara melahirkan motivasi. Namun tidak semua mudah diterapkan dengan hasil yang besar. Motivasi dalam terapan mampu menggerakkan kekuatan dinamika yang besar dari gerakan kecil. Bagaikan memutar roda besar dari roda gigi kecil diporosnya (ingat sepeda). Namun adakah cara cantik yang bisa dikembangkan, khususnya memotivasi sambil menyatukan kegembiraan, tanpa ada yang disakiti.

Telusur ulang dipabrik besar yang   working under pressure,  terkungkung dalam tatanan disiplin yang ketat agar aman. Banyak di pabrik-pabrik  dan Refinery Nusantara, unsur menakuti karena ada reward dan punishment yang ditonjolkan, menjadi semua berhasil mencapai tujuan namun harus berjalan serba kaku, birokratis dan terkelompok tanpa disadari.

Bahkan antar perusahaan, owner project kaku terhadap kontraktor atau sub-kontraktornya. Pemerintah kaku terhadap BUMN atau   swasta yang menjadi sub ordinatnya. Para superior bertindak kaku, terhadap sub ordinatnya dan cenderung merasa kebih tinggi dan besar. Padahal semua bersifat karena jabatan, kok harus kaku.

Pertanyaan, adakah cara mudah lain mendapatkan hasil besar dari gerakan kecil, memutar roda besar dari roda gigi kecil, memotivasi dengan cara santai yang bijak, sederhana dan menimbulkan kebersamaan kedepan? Pasti ada dan mungkin sering dipraktekkan, namun berjalan sebagai kebiasaan, hanya terbatas pada kegiatan tertentu saja.

Berikut satu contoh keberhasilan cara berbeda, namun sering berhasil. Ada konsep merayakan awal kegiatan (bukan akhir atau keberhasilan saja). Lho pertanyaannya kok aneh?.

Sebenarnya “memulai” adalah indikasi keberhasilan. Tidak ada kesuksesan di dunia ini tanpa “memulai”, tanpa “dimulai”. Oleh karenanya, penting untuk mendorong “memulai” dan disemangati. Lakukan apresiasi setiap yang memulai, tentu memulai yang positif. Percaya lah, anda akan berhasil.

Dalam pekerjaan besar, misal kontrak yang multi Mile-Stone,  kegiatan untuk mencapai “kata selesai” sangat banyak tahappan atau mile stone nya. . Coba Lakukan selebresi atau apresiasi setiap yang memulai sesuai rencana atau setiap memulai sesuatu yang baik. Jadi bukan suksesnya.  Anda akan temukan keajaiban hasil. Memulai tepat waktu diberi apresiasi lebih khusus lagi. Apresiasi bukan berarti cost besar. Lakukan dengan “Rasa di-apresiasi”. Jika perlu bangun budaya / kebiasaan spresiasi bagi setiap yang memulai kegiatan yang direncanakan, yang kita yakin akan memberi hasil baik dan cukup besar.

Hindari kebiasaan mencerca atau mengkritik sebelum dimulai, namun motiivir untuk memulai akan lebih baik. Utamakan dari lapisan superior terhadap sub ordinatnya. Disemua bidang, Percayalah akan diperoleh Roda besar lari kencang diputar hanya oleh roda gigi yang kecil. yaitu apresiasi diawal louching kegiatan sub-ordinat nada. Kebiasaan memperoleh Hasil besar diawali meng”apresiasi” langkah kecil memulai diawal  dan menyentuh hati. Itulah keberhasilan dinegara maju. Budaya apresiasi terbangun baik.

Kata lainnya, syukuri langkah kecil yang dimulai, anda akan temukan lari kencang meraih keberhasilan yang akan anda jumpai dalam tim anda. Itu kata mensyukuri yang ada, akan dilipat gandakan hasilnya.

Selamat mencoba.

Syo.

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Comments are closed.