Kebijakan Pro Rakyat Yang Sehat

Kebijakan untuk publik yang ditunggu adalah kebijakan yang bersifat pasti ketersediaan nya, pro rakyat dan dirasa sesuai budget publik pengguna secara harian dan bulanan.

Contoh, “Rasa aman”, baik waktu pagi, Siang, maupun malam. Di negeri sendiri, rasa aman bagi siapapun, pagi, siang, malam perlu dirasakan semua kaum, ibu, bapak dan anak.

Yang lain adalah ketersediaan  Fasilitas umum harian, diantaranya sarana transportasi publik,  sarana transport perorangan, sarana publik, mulai dari trotoar bagi pejalan kaki, atau sejenisnya.

Transportasi publik yang nyaman, membanggakan alias bergengsi namun murah, bersih, aman, biaya terjangkau.

Kebutuhan primer masyarakat, berupa makan sehat, tempat tinggal baik dan sehat serta sarana pendidikan dan kesehatan yang baik dan murah terjangkau oleh masyarakat banyak.

Semua hal diatas sebenarnya saling berkaitan. Standard tata nilai para perencana akan berpengaruh terhadap perilakunya dalam tugas saat akan memperbaiki sistem secara keseluruhan. Memperbaiki atau membangun sesuatu yang baru, memerlukan perubahan cara pandang, yang dipengaruhi oleh kebiasaan dan cara melihat setiap permasalahan  sehari hari perencana tersebut. Oleh karenanya, faktor pendidikan, wawasan, Visi dan tatanilai yang melekat padanya berpengaruh dalam berkreasi dan menjadi kunci, khususnya untuk jangka panjang.

Contoh. Menilai “rasa aman atau tidaknya di suatu daerah, banyak dipengaruhi oleh keterbatasan sudut pandang, dan pendidikkan atau pengalaman seseorang.

Rasa “Aman” dimulai dari pembangungan sikap rohani, sikap mental masyarakat,  dalam kehidupan sehari hari.

Di negara maju, rasa aman tampak dari sehari hari. Kota dengan tatanilai rasa aman melahirkan tuntutan keamanan yang lebih baik. Melahirkan kebijakan dan penerapan keamanan yang juga lebih baik. Di kota besar, wanita pulang kerja dan balik kerumah malam pun aman. Bila dilihat bangunan antar gedung besar, tanpa pagar sehingga security terbatas hanya pada saat akan masuk ruang. Ini tercipta dari adanya rasa aman.

Kota, trotoar lebar, dan antar halte diciptakan menjadi jarak perjalanan sehat per hari, sehingga kegiatan jalan kaki, sekaligus menjadi sarana merawat kesehatan masyarakat. Jelas desain ini menjadi upaya menekan biaya kesehatan.

Trotoar yang lebar, nyaman disamping jalan raya.

Trotoar yang lebar, nyaman disamping jalan raya.

Transportasi umum membanggakan, murah tapi muatan banyak dan harga terjangkau  oleh masyarakat.  Pengguna, mulai dari Direksi perusahaan sampai masyarakat umum, tukang sapu, pulang pergi bisa saja naik transportasi yang sama (kereta atau pun bus umum  yang bagus, resik dan membanggakan. Hasilnya, konsumsi Bahan Bakar Minyak perorangan pejalan, turun, transportasi umum bagus yang dominan.

Sarana untuk kebutuhan primer, makanan, perumahan, dirawat untuk tidak membebanimasyarakat, tapi terjangkau.

Banyak design sarana publik oleh instansi per-ijinan tidak mampu IMG_1120menciptakan kebijakan baik untuk jangka panjang.

Karenanya,  disaat era yang dijanjikan akan menjadi bahagian dari Revolusi mental, diperlukan orang bijak yang berpengalaman untuk menghasilkan wawasan untuk aspek “perencanaan dan keputusan sampai dengan perijinan yang jauh lebih baik, untuk jangka panjang atau pun jangka pendek, yang sejalan untuk menekan cost masyarakat perorangan maupun pemerintahnya.

Revolusi mental, akan kearah yang baik bilamana pendidikan akhlak, budaya malu berbuat kesalahan kecil ditumbuh kembangkan. Budaya malu membuang sampah sekecil apapun yang tidak ditempatnya, meludah sembarangan sampai menerima uang tip sampai sogokan untuk sesuatu yang seharusnya sudah melekat menjadi tugasnya. Perlu    upaya yang serius untuk memperbaiki norma masyarakat, me majukan, diikuti pembelajaran ilmu dan cara pikir sehat yang berbudaya baik. Hukum dan tindak-kan pengamanan, hendaknya makin dominan, ini akan mengarahkan pada terbentuknya pembangunan mental yang baik. Norma yang maju. Memajukan norma, tata-nilai, kultur bersih lahir, bersih rohani, elegan bersikap dan berbuat baik, malu menyimpang sekecil apapun perlu dikembangkan sejak dini. Sejak saat ini, dari kecil, sampai besar.

Tata-nilai terbaik, di-tumbuh kembangkan disetiap sekolah, disetiap perusahaan, disetiap lembaga dan disetiap pertemuan. Mulai dari atas kebawah dan dari bawak keatas. Teguran sikap terbuka jangan dinilai memalukan, tapi dihormati.

Semoga Nusantara ini tumbuh dengan keindahan tatanilai budaya dan alamnya.

Semoga semua terjadi.

Syo

 

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Comments are closed.